Sabtu, 15 November 2008

Khasiat Kacang Panjang

Khasiat kacang panjang (Vigna Sinensis)

Kancang panjang nikmat untuk dijadikan menu makanan sehari-hari, dan sangat banyak manfaat untuk kesehatan

Kacang panjang sering kita temukan dalam menu makanan kita sehari-hari. Selain mudah untuk mendapatkanya, harganya juga terjangkau untuk semua kalangan. Walaupun banyak yang mengkonsumsi jenis kacang-kacangan ini, sebagian masyarakat mungkin belum mengetahui manfaat yang bisa diperoleh dari kacang panjang ini.

Kacang panjang atau Vigna Sinensis ini merambat dan dapat tumbuh dimana saja, mulai dari tegalan, sawah, pematan, dan pekarangan rumah. Dapat tumbuh dengan baik di tanah yang gembur dan mengandung humus, dapat menahan air dan PH-nya 5,5-6,5. Tanaman asal Afrika ini juga dapat tumbuh pada ketinggian 1-1000m di atas permukaan laut. Dan yang menarik adalah bunga tumbuhan ini pada ujung tangkai yang panjang, berwarna putih, kuning, atau biru dan mekar di pagi hari

Kacang panjang pernah dijadikan sebagai bahan dasar bakwan, memang kedengaranya aneh, namun di salah satu sekolah yang terkenal di Jakarta Labs School, melakukan hal tersebut. Pemilihan bahan dasar ini, karena jenis sayuran ini jarang ada di menu makanan anak, dan karena mengandung asam folat.

Menurut Ari ahli gizi di salah satu rumah sakit di Jakarta (tidak mau disebutkan), kacang panjang ini sangat banyang manfaatnya untuk kesehatan. Karena di dalamnya terkandung asam folat merupakan salah satu Vitamin B yang dibutuhkan oleh janin di minggu-minggu pertama saat kehamilan. Pada anak dan dewasa, vitamin ini dapat mencegah kurang darah.

Selain itu kacang panjang juga mengandung mineral untuk membantu perkembangan otak balita. Sebagai anti kanker, membantu mengobati kanker payudara, bahkan leukemia. Dan khasiat lainnya adalah sebagai anti bakteri, antivirus, dan antioksida.

Tidak hanya itu, bias juga digunakan untuk obat yang terkait dengan saluran-saluran kemih (saluran kencing, peluruh kencing, dan batu ginjal). Kacang panjangpun berfungsi mencegah kelainan antibody, meningkatkan fungsi limpa, meningkatkan penyatuan deoxyribonucleic acid (DNA) dan ribonucleic acid (RNA), meningkatkan sel darah merah, beri-beri, demam berdarah, sakit pinggang, rematik, pembengkakan, meningkatkan nafsu makan, dan susah buang air besar.

Tidak hanya buahnya saja yang mempunyai banyak manfaat. Daunnya ternyata juga memberikan manfaat. Bisa digunakan untuk meluruhkan air seni. Sari kacang panjang juga sangat bagus digunakan untuk penderita penyakit kencing manis atau penyakit gula. Penyakit ini terjadi karena berlebihannya zat kanji dan gula di dalam tubuh dan akan memjadi sangat buruk apabila sipenderita mengkonsumsi daging.

Penyuntikan insulin ke dalam tubuh tidaklah terlalu banyak manfaatnya untuk penyakit gula. Karena insulin yang disuntikkan itu adalah anorganis. Yamg dibutuhkan untuk tubuh insulin organis. Kacau sari kacang panjang dicampur dengan sari toge (kecambah), maka akan mengandung unsur insulin organis yang berfungsi sebagai kelanjar ludah perut untuk pencernaan.

Selain tidak sulit dalam mendapatkanya, peracikan kancang panjang untuk dijadikan sebagai obat tradisional pun sangat mudah dilakukan.

Sakit pinggang :

Ambil 200 gram biji kacang panjang, 200 gram jahe, dan 25 gram kencur. Semua bahan dicampur, kemudian di rebus dengan air 500 cc, hingga tersisa 200 cc, disaring airnya sebelum diminum.

Anemia atau kurang darah :

Ambil 200 gram kacang panjang, 100 gram buah anggur, dan hati ayam secukupnya. Semua bahan dimasak sesuai dengan selera. Makan dengan teratur, bias mempercepat penambahan darah pada tubuh kita.

Batu ginjal :

Ambil 200 gram kacang panjang, 200 gram asparagus. Kedua bahan tersebut diblender hingga mencapai 200 cc, kemudian direbus hingga mendidih dan airnya dimunim hangat-hangat.

Anti kanker :

Sediakan kajang panjang, buncis, brokoli, dan wortel masing-masing secukupnya, kemudian dimasak menjadi tumis ditambah bumbu-bumbu hingga matang kemudian makan. Lakukan hal ini secara teatur.

Untuk menamnbah nafsu makan :

Sediakan 100gram kacang panjang, 40 gram temulawak, 3 buah kiam/sun boi direbus dengan air secukupnya, saring kemudian airnya ditambah untuk dengan madu dan diminum.

Mengatasi sembelit :

Sediakan 200 gram kacang panjang, 100 gram daun ubi jalar, dan dimasak sesuai selera dan dimakan secara teratur.

Untuk meningkatkan stamina yang cepat lelah :

Gunakan 100 gram kacang panjang, 5 buah angco dibuang bijinya, 25 gram kencur direbus dengan air 600 cc air hingga tersisa 200 cc, saring lalu tambahkan madu secukupnya, airnya diminum, angco, dan kacang panjangnya dimakan.

Mengatasi batu ginjal :

Sediakan 200 gram kacang panjang, 200 gram asparagus, diblender dengan air secukupnya hingga tertampung 200 cc lalu direbus hingga mendidih dan airnya diminum hangat-hangat.

Mengatasi kurang darah :

Sediakan 200 gram kacang panjang, 100 gram anggur, hati ayam secukupnya, dimasak sesuai dengan selera, dan makan secara teratur.

Menurut Prof HM Hembing Wijayakusuma, ahli pengobatan tradisional dan akupuntur, ketua Umum Himpunan Pengobatan Tradisional & Akupuntur se-Indonesia (Hiptri), untuk mendapatkan hasil yang maksimal lakukan 2 kali sehari sehari secara teratur dan tetap berkonsultasi ke dokter.